Sabtu, 12 September 2009

OPINI

MAHASISWA SAAT INI
By: Gus Basongan & Raden Ka2ng Mas ayin*

Saat ini mahasiswa sudah seperti kehilangan ruhnya, kebanyakan dari mereka sudah tak lebih dari anak SD plus, tidak mempunyai kesadaran bahwa mereka adalah Mahasiswa. Mayoritas dari mereka sudah tidak mempunyai kesadaran untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat. Mereka kurang memahami atau bahkan tidak mau tahu bahwa sebenarnya mereka itu adalah lidahnya masyarakat, agent perubahan atau apalah sebutannya.
Kebanyakan dari mereka hanya mengejar nilai dan terkesan menjadi mahasiswa absensi, yang tanda tangan & kehadiranya penuh, tapi mahluknya tidak pernah kelihatan. Ngomong dan ngototnya aja yang dibesar-besarkan, tetapi hasilnya nihil. Pinter argumentasi tapi hanya sebatas wacana saja, tanpa terlihat suatu hasil yang nyata. Mereka tak lebih dari penjual obat (bakul jamu) yang hanya ngomong saja tanpa bukti yang konkrit. Kalau ngomong saja anak kecil juga bisa, tapi apakah masyarakat memerlukan orang yang cuma lihai ngomong saja..????. Masyarakat gak butuh mahluk-mahluk yang seperti itu, di loakan dan di pasar-pasar juga banyak..!!!!
Kita ini Mahasiswa, ketika di depan kita disediakan nasi dan sendok, apakah masih perlu di suapi? Seharusnya kita sudah mampu untuk berpikir, tanpa harus di tetah seperti anak TK. Sungguh ironis ketika ngaku mahasiswa tanpa tahu apa dan bagaimana sich mahasiswa itu? Padahal mereka pernah mengucapkan sumpah mahasiswa dan mempunyai semboyan yang tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Sungguh munafik ketika mereka seolah-olah menghambakan dirinya kepada nilai dan absensi yang notabene hanyalah sebuah kertas semata yang begitu mudah sobek dan hancur dalam waktu sesaat.. Padahal kita memerlukan yang lebih dari itu…. Camkan baik-baik.!!!!!!!!
Masihkah kita bangga dengan semua ini??? Sudah saatnya berbenah, sudah waktunya berubah. Rubahlah dirimu sendiri, sebelum kamu mengaku sebagai agent of change. Jangan hanya sebagai seorang yang suka menilai orang lain tanpa melihat dirinya sendiri. Lihat, dengar dan rasakan apa yang ada di sekitarmu, jangan matikan nuranimu.
Tulisan ini di buat semata-mata untuk sarana berfikir dan semoga bisa menjadi cambuk untuk kita agar kita menyadari bahwa sebenarnya kita masih jauh dari kata pantas untuk disebut sebagai Mahasiswa sejati.
Untuk itu bagi Mahasiswa baru, kalian harus giat belajar baik melalui teks maupun konteks, karena keduanya sama-sama penting ibarat dua mata uang logam yang tak dapat terpisahkan. Ingat belajar tidak hanya di dalam kelas saja, tetapi kita juga harus belajar sebagai masyarakat karena tidak mungkin kita hidup di bangku kuliah saja. Jadi kita harus mampu mengaplikasikan sumpah kita dan semboyan kita yaitu sumpah mahasiswa dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

*Mahasiswa semester 3
Tri Dharma Peguruan Tinggi
1. Pendidikan dan Pengajaran
2. Penelitian dan Pengembangan
3. Pengabdian kepada Masyarakat

Sumpah Mahasiswa
1. Kami Mahasiswa-Mahasiswi Indonesia bersumpah bertanah air satu tanah air tanpa penindasan
2. Kami Mahasiswa-Mahasiswi Indonesia bersumpah berbahasa satu bahasa tanpa kebohongan
3. Kami Mahasiswa-Mahasiswi Indonesia bersumpah berbangsa satu bangsa yang gandrung akan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar